Jumat, 27 April 2012

KETAHANAN NASIONAL

A.    Latar Belakang
Sejak proklamasi kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945,bangsa dan negara Indonesia tidak luput dari berbagai gejolak dan ancaman dari dalam negeri maupun luar negeri yang nyaris membahayakan kelangsungan hidup bangsa dan negara. Meskipun dihadapkan pada berbagai tantangan,Negara Kesatuan Republik Indonesia masih tetap tegak berdiri sebagai satu bangsa dan negara yang merdeka,bersatu,dan berdaulat.
B.     Pokok-Pokok Pikiran
Dalam perjuangan mencapai tujuan yang telah disepakati bersama,suatu bangsa senantiasa akan menghadapi berbagai tantangan,ancaman,hambatan,dan gangguan yang datang dari mana pun.karena itu,bangsa Indonesia memerlukan keuletan dan ketangguhan untuk mengembangkan kekuatan nasional yang disebut Ketahanan Nasional,yang didasarkan pada pokok-pokok pikiran berikut.
1.      Manusia Berbudaya
2.      Tujuan Nasional, Falsafah Bangsa, dan Ideologi Negara
C.    Pengertian Ketahanan Nasional Indonesia
Rumusan Ketahanan Nasional yang baku sangat diperlukan dalam menghadapi dinamika perkembangan dunia dari masa ke masa. Rumusan Ketahanan Nasional sebagai dasar penerapan harus mempunyai pengertian baku agar semua warga negara mengerti serta memahaminya. Adapun pengertian baku yang diperlukan adalah:
Ketahanan Nasional (TanNas) Indonesia adalah kondisi dinamis bangsa Indonesia yang meliputi segenap aspek kehidupan nasional yang terintegrasi. TanNas berisi keuletan dan ketangguhan yang mengandung kemampuan untuk mengembangkan kekuatan nasional Dalam menghadapi dan mengatasi segala tantangan,ancaman,hambatan,dan gangguan baik yang datang dari faktor eksternal maupun internal dan untuk menjamin identitas,integritas,kelangsungan hidup bangsa dan negara,serta perjuangan mencapai tujuan nasionalnya.
D.    Hakikat TanNas dan Konsepsi TanNas Indonesia
Pada hakikat TanNas dan konsepsi dari TanNas Indonesia itu sendiri mengandung beberapa hakikat dan konsepsi dari Ketahanan Nasional Indonesia,misalnya:
1.   Hakikat Ketahanan Nasional Indonesia  adalah keuletan dan ketangguhan  bangsa
2.  Hakikat konsepsi Ketahanan Nasional Indonesia adalah pengaturan dan penyelenggaraan kesejahteraan dan keamanan secara seimbang,serasi,dan selaras dalam seluruh aspek kehidupan nasional.
E.     Asas-Asas TanNas Indonesia
Asas Ketahanan Nasional Indonesia adalah tata laku berdasarkan nilai-nilai Pancasila,UUD 1945,dan Wawasan Nusantara,yang terdiri dari:
1.      Asas Kesajahteraan dan Keamanan
2.      Asas Komprehensif Integral atau Menyeluruh Terpadu
3.      Asas Mawas ke dalam dan Mawas ke luar
4.      Asas Kekeluargaan
F.     Sifat Ketahanan nasional Indonesia
Ketahanan Nasional memiliki sifat yang terbentuk dari nilai-nilai yang terkandung dalam landasan dan asas-asasnya,yaitu:
1.      Mandiri
2.      Dinamis
3.      Wibawa
4.      Konsultasi dan Kerjasama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar